Visiting WYF Secretariat (Melaka Malaysia)

written by Pipit Lestari (delegate, public relation UIAC 2014); edited by Ditha Inawati Sam (president of UIAC 2014)

World Youth Foundation (WYF) “sebuah LSM di status konsultatif khusus dengan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB” adalah sebuah organisasi internasional non-pemerintah yang diluncurkan pada tahun 1994 dengan tujuan untuk mempromosikan penelitian, pengembangan dan dokumentasi program pemuda yang bermanfaat bagi pemuda di seluruh dunia. Markas Foundation terletak di The World Youth Foundation Complex yang berbasis di Malaka, Malaysia. WYF dipimpin oleh Hon Datuk Ali Rustam, mantan Kepala Menteri Melaka dan dibantu oleh Dewan Pengawas.

Yayasan ini berusaha untuk mendukung pekerjaan PBB dan Program Aksi Pemuda bagi Dunia Tahun 2000 dan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs). Yayasan telah menyelenggarakan berbagai seminar / pertemuan, konferensi / dialog untuk pemuda di berbagai bidang seperti populasi, HIV / AIDS, hak asasi manusia, pendidikan, lingkungan hidup, terorisme pembangunan berkelanjutan, rasisme, kewirausahaan, globalisasi, budaya, obat dan penyalahgunaan zat lain. Melalui program itu Yayasan berusaha untuk terlibat dan memberdayakan orang-orang muda pada berbagai isu, selain memberikan orang-orang muda kesempatan untuk berbagi praktik terbaik, jaringan dan belajar melalui orang-orang -melalui pertukaran.

Yayasan ini memiliki hubungan kerja yang baik dengan semua pemangku kepentingan utama yaitu Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia, semua badan PBB, Bank Dunia, World Association of Organization Pemuda Nasional (WANGO), Mengambil IT global Kanada, Clean Up the World Australia, Sekretariat ASEAN, Sekretariat Persemakmuran, pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah, lembaga-lembaga regional dan multilateral, donor, perusahaan perusahaan dll. Pada bulan Februari 2007, Yayasan menerima ‘Status Masyarakat Sipil dari United Nations Environment Programme (UNEP)’ sebagai pengakuan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan anak muda pada isu-isu yang mempengaruhi lingkungan.

 

22 Januari 2015 delegasi UIAC berkesempatan untuk berkunjung ke sekretariat WFY di komplek WYF Melaka Malaysia. Misi kami yaitu membangun relasi antara UIAC dan WYF, serta melakukan diskusi ringan tentang climate change (sebagai salah satu materi bidang lingkungan hasil Temu Ilmiah Nssional 2014 pada bulan September lalu). Perjalanan kami dimulai kesulitan mencapai kawasan WYF dengan menggunakan kendaraan umum, sehingga mengharuskan kami naik taksi. Setibanya di WYF building, kami bertemu dengan COO WYF, yaitu Ms. Varsha Ajmeera. Kami mempresentasikan hal-hal tentang UIAC dihadapan Ms. Varsha dan mencoba membangun kerjasama antara UIAC dengan WYF. Hasilnya cukup baik, UIAC dan WYF memiliki keselarasan.

Kami melanjutkan pembicaraan dengan diskusi ringan mengenai climate change. Sebagai sebuah organisasi kepemudaan dunia, WYF sangat fokus untuk memberdayakan pemuda melakukan aksi nyata dalam menghadapi perubahan iklim global. Perubahan iklim global (climate change) adalah perubahan distribusi statistik pola cuaca dalam periode waktu tertentu. Tindakan pencegahan atau usaha mereduksi dampak dari perubahan iklim global dapat dimulai dari diri-sendiri hingga lingkungan sekitar, seperti diantaranya melakukan kegiatan pilah sampah, melakukan penghijauan pada daerah resapan air atau lahan kosong, mengurangi emisi gas rumah kaca dengan mengontrol pemakaian alat-alat rumah tangga yang menghasilkan gas-gas rumah kaca, dan melakukan usaha advokasi ke pemerintah untuk mengeluarkan regulasi aturan yang lebih ketat kepada perusahaan dan individu terkait dampak perubahan iklim. WYF selalu mengambil potensi-potensi pemuda dalam bergerak. Kenapa pemuda? Karena pemuda akan tumbuh dewasa dan menjadi bagian yang bertanggung jawab terhadap kelestarian alam dan bumi untuk generasi yang akan datang. Hal ini menjadi suntikan semangat bagi seluruh member UIAC yang terdiri dari para pemuda-pemudi (mahasiswa/mahasiswi) berprestasi bahwa suatu saat seluruh member UIAC akan menjadi bagian dari perubahan untuk lingkungan yang lebih baik! Dan itu dimulai sekarang.

 

^http://www.wyf.org.my/index.php/about/who-we-are
^America’s Climate Choices: Panel on Advancing the Science of Climate Change; National Research Council (2010). Advancing the Science of Climate Change. Washington, D.C.: The National Academies Press. ISBN 0-309-14588-0. (p1) … there is a strong, credible body of evidence, based on multiple lines of research, documenting that climate is changing and that these changes are in large part caused by human activities. While much remains to be learned, the core phenomenon, scientific questions, and hypotheses have been examined thoroughly and have stood firm in the face of serious scientific debate and careful evaluation of alternative explanations. * * * (pp. 21–22) Some scientific conclusions or theories have been so thoroughly examined and tested, and supported by so many independent observations and results, that their likelihood of subsequently being found to be wrong is vanishingly small. Such conclusions and theories are then regarded as settled facts. This is the case for the conclusions that the Earth system is warming and that much of this warming is very likely due to human activities.

acc:21022015/0034/am/dithasam

Leave a Reply