Tingkatkan Kebugaran Tubuhmu

1464908217987

Bagaimana Kebugaran Tubuhmu Hari Ini?
Apa kamu merasa cepat lelah setelah berjalan sedikit?
Apa kamu merasa cepat ‘ngos-ngosan’ setelah naik tangga?

Kalau jawabannya ‘ya’, berarti tubuhmu belum cukup bugar, karena kebugaran adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik secara efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

Kebugaran tubuh sangatlah penting karena menjadi salah satu komponen kesehatan yang dapat mendukung kegiatan sehari-hari. Jika tubuhmu tidak bugar, kamu akan cepat merasa lelah setelah melakukan aktivitas sederhana. Selain itu, dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler sebanyak 30%, meningkatkan risiko diabetes 27%, risiko kanker 21-25%, serta kemungkinan stroke, hipertensi, dan depresi.

Untuk itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuhmu

1. Meningkatkan Aktivitas Fisik Tubuh
Aktivitas fisik tubuh merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebugaran. Lakukanlah aktivitas fisik sedang selama 30 menit setiap harinya. Aktivitas fisik sedang dapat berupa berjalan cepat, berkebun, berenang, dan olahraga aerobik lainnya. Tidak perlu melakukan dengan intensitas tinggi, lebih penting melakukannya dengan intensitas sedang namun teratur.

2. Hindari ‘potato couch lifestyle’
Potato couch lifestyle atau kebiasaan bermalas-malasan harus dihindari. Perbanyak kegiatan yang melibatkan gerak tubuhmu. Berdasarkan penelitian, gaya hidup ini menyumbang 5 juta kematian setiap tahunnya. Lakukanlah hal-hal sederhana seperti menggunakan tangga dibandingkan lift, berjalan atau bersepeda dibandingkan dengan motor atau mobil jika ingin pergi dengan jarak dekat, dan mengurangi duduk di depan layar terlalu lama.

3.Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang
Untuk melakukan aktivitas, tentu tubuh membutuhkan energi yang cukup. Energi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan tersebut dapat diperoleh dengan konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang jumlahnya.

4. Istirahat Cukup
Istirahat juga hal penting yang harus diperhatikan agar tubuhmu mendapat waktu untuk berelaksasi. Tidurlah dengan waktu yang cukup agar tubuh beristirahat dan mendapat energi untuk aktivitas esok harinya.

Hal-hal di atas bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, jadi mulailah bergerak untuk meningkatkan kebugaran tubuhmu.

Referensi:
Healey, J. 2013. Physical Activity and Fitness.
Australia : The Spinney Press
Smolin, L.A. dan Grosvenor, M.B. 2010. Nutrition
for Sports and Exercise, Second Edition.
New York : Chelsea House Infobase
Publishing
Corbin, B.C. et al. 2008. Concept of Physical
Fitness : Active Lifestyles for Wellness. New York : McGraw-Hill Companies, Inc

UI Achievement Community
#ExcellentCollaboration

Leave a Reply