Sekolah Mapres Batch 3

Sekolah Mapres Batch 3

[Press Release Sekolah Mahasiswa Berprestasi Batch 3 UIAC 2016]

Sekolah Mahasiswa Berprestasi Batch 3 atau yang disingkat SM Batch 3 adalah sebuah rangkaian acara pelatihan untuk mewadahi para peserta yang ingin mengikuti mapres fakultas, universitas, maupun nasional. SM Batch 3 dibuka secara umum untuk angkatan 2012 dan 2013 dari semua fakultas di Universitas Indonesia. SM Batch 3 pada tahun ini merupakan pelatihan mapres di tahun ketiga yang telah diadakan oleh UIAC. Pada acara Sekolah Mapres ini memiliki penilaian di setiap rangkaiannya, seperti kehadiran, kedisiplinan, makalah KTI terbaik.

Peserta SM Batch 3 terdiri atas 16 orang, yaitu:
1. Claudia S., Kalonica K., Cindy Fidian dari Farmasi
2. M. Firza Pratama dan Aditya Zulfahmi dari Fasilkom
3. Siti Noviana Sari dan Ratna Suryani dari FIK
4. Nadia Desty dan Nurrachma dari FKG
5. Siti Nur Rosifah, Mega Puspita, dan Maruf Saragih dari FEB
6. Nurfahmi Islami dari FH
7. M. Iqbal Syauqi dari FMIPA
8. Dito P. dari Psikologi
9. Irfan Kurnia dari FK

Acara ini berlangsung pada tanggal 14 Februari 2016 sampai dengan 2 April 2016. Sebelum dimulainya rangkaian pelatihan mapres, dibuka Rekruitmen Peserta SM Batch 3 pada tanggal 14-22 Februari 2016 dengan kriteria peserta berminat dan berkomitmen mengikuti rangkaian SM Batch 3 lalu dilanjutkan dengan Wawancara pada 16-24 Februari 2016. Setelah itu, pada 27 Februari 2016 diumumkan peserta yang lolos untuk mengikuti SM Batch 3. Acara Grand Opening diadakan pada 5 Maret 2016 dengan pembicara, yaitu Mardhatilla Amalia dan Fauzan Helmi Sudaryanto untuk berbagi pengalaman saat menjadi mapres dahulu dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk seleksi mapres nanti. Selama acara berlangsung, peserta dapat bertanya dan pembicara memberikan jawaban.

Pada tanggal 12 Maret 2016 adalah KTI. Pada acara KTI ini dibagi menjadi tiga rumpun, yaitu Rumpun Ilmu Kesehatan, Rumpun Saintek, dan Rumpun Humaniora. Pada setiap rumpun memiliki fasilitatornya masing-masing agar lebih fokus dengan tema KTI yang akan dipresentasikan untuk seleksi mapres di fakultas. Pada KTI ini, setiap peserta mempresentasikan gagasannya masing-masing di depan teman-temannya dan fasilitator, lalu fasilitator memberikan feedback, dan para peserta juga dapat berkonsultasi tentang KTI nya yang akan dipresentasikan untuk seleksi mapres. Fasilitator pada KTI ini adalah Matthew Billy untuk Rumpun Ilmu Kesehatan, Derry Fahrizal Ulum dan Aulia Qisthi untuk Humaniora dan Saintek.

Selanjutnya, pada 19 Maret 2016 adalah Public speaking dengan fasilitator Zivanna Sabili. Public speaking ini melatih wawasan peserta tentang isu global. Pada acara ini, fasilitator memberikan materi tentang hal-hal yang harus ada saat public speaking. Pada public speaking ini, peserta dilatih untuk berpendapat dengan menggunakan bahasa inggris tentang isu yang mereka dapatkan dengan cara memilih nomor topik secara acak. Setelah dua orang peserta maju, fasilitator memberikan feedback kepada masing-masing peserta.

Pada 2 April 2016 adalah acara terakhir dari rangkaian sekolah mapres, yaitu Mapres Day. Peserta disini mempresentasikan LKTI yang telah disusun rapi dan kemudian dinilai oleh juri. Juri memberikan feedback kepada masing-masing peserta setelah peserta mempresentasikan LKTInya. Juri LKTI pada Mapres Day ini adalah Shofwan Al Banna dan Chalida Zia Firdausi. Setelah semua peserta mempresentasikan LKTI, rangkaian Mapres Day dilanjutkan dengan public speaking. Public speaking ini dimulai dengan paparan oleh juri, yaitu ibu D.J Sulichah tentang public speaking yang baik. Pada public speaking ini, mekanisme disusun persis dengan mekanisme public speaking saat seleksi mapres. Setiap satu orang peserta maju, dua orang peserta yang sudah digilir harus bertanya tentang gagasan peserta yang maju tersebut. Setelah semua rangkaian sekolah mapres selesai, didapatkan akumulasi nilai di setiap rangkaian sekolah mapres, yaitu The Best Participant dan Makalah LKTI Terbaik.

Perolehan The Best Participant diberikan kepada nurrachma hakim dan pemenang Makalah LKTI Terbaik diberikan kepada M. Firza Pratama.

Sekolah Mapres Batch 3
UI Achievement Community
#BeBeyondInspiring #ExcellentCollaboration

 

[GREAT NEWS FOR BEYOND ACHIEVERS]

Your time is coming.
For those who want to be beyond inspiring out-standers, let’s make your best to join this.

Sekolah Mapres Batch 3 is a four weeks program which aims to enrich the capacity of student in preparing and competing in  Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia selection both in faculty and university level.

Sekolah Mapres Batch 3 will contain four agendas; Grand Opening, Scientific Paper and Public Speaking Training, and Mapres Day, that will invite great and experienced speakers. Those agendas is wished to be an enormous chance to boost confidence and preparation in next outstanding student selection.
To be a part of this great circle, please read following criterias:

Eligibility
Sekolah Mapres Batch 3 has opened great chances to all students from any major batch 2012-2013 (Vocational School all welcomed).

Term
All selected participants should be present at all events in March, 2016. Further agendas will be informed soon.

Registration
1. You just have to visit bit.ly/SekolahMapres and fill out the form.
2. Make your outstanding CV and Essay (Max. 500 words with standard format in English/Bahasa) to sekolahmapres.ui@gmail.com.
Subject: SMBatch_Name_Faculty
3. The essay theme is your opinion about “Be Beyond Inspiring” and make sure state your motivation letter in the last paragraph.
4. Make sure your interview schedule and follow the application process!

Timeline
The registration and interview will be opened from March 14- 24, 2016.
An announcement will be informed on February 28, 2016.

For further inquiries, feel free to contact:
Azizah (085778535515)
Noep (081806484386)
Or you can visit uiac.or.id

What are you waiting for?
Make sure yourself here and Be Beyond Inspiring.

SEKOLAH MAPRES BATCH 3
UI Achievement Community
#ExcellentCollaboration

Leave a Reply