Masih Suka Telat Masuk Kelas? Ini Dia Solusinya!

Permasalahan terlambat ke kampus sering dialami oleh para mahasiswa.  Mahasiswa sering terlambat ke kampus dengan berbagai alasan  misalnya  macet,  bangun kesiangan, kendaraan mogok,  atau commuter line yang mengalami gangguan agar terhindar dari hukuman dosen. Selalu terlambat ke kampus akan memengaruhi prestasi akademik. Seringkali ada dosen yang memerhatikan ketepatan waktu hadir mahasiswanya. Jika kamu terlambat tentu akan berpengaruh pada nilai akademikmu . Pasti tidak mau kan nilai merosot  hanya karena telat masuk kelas.  Nah oleh karena itu, yuk mulai belajar menghargai waktu dengan datang tepat waktu. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Memajukan  waktu  pada jam tangan, handphone, atau  jam dinding

Dengan mempercepat 15-20 menit maka akan membuat kamu bangun lebih pagi dan memepersiapkan kuliah lebih awal, tidak tergesa-gesa dan panik.

2. Persiapkan hal yang perlu dibawa pada malam hari

Mempersiapkan hal yang dibawa untuk kuliah malam harinya sebelum tidur akan membuat waktu pagi kamu hemat dan kamu tidak akan khawatir akan ketinggaan barang-barang kuliah kamu.

3. Tidak tidur terlalu larut malam

Setelah beraktivitas di kampus sebaiknya istirahatkanlah tubuhmu dengan tidak tidur larut malam. Dengan tidur larut malam akan membuat kamu kurang tidur karena harus bangun pagi dan mengantuk ada pagi hari sehingga kamu akan tidak konsentrasi dalam menerima kuliah dan kurang fokus. Kurangi nonton TV, game, dan nonton film pada malam hari. Terlalu asik pada hal itu akan membuat kamu susah tidur dan malah mengantuk pada pagi hari.

4. Pasang alarm

Pasanglah alarm sekitar pukul 04:00  atau  05:00. Hal ini akan membantu kamu bangun pagi. Atau bagi kamu yang tidak mempan dengan alarm dapat meminta dibangunkan oleh orang lain di rumah, atau teman satu kos. Bagi kamu yang muslim, bangun di sepertiga malam untuk beribadah akan mencegah dari  keterlambatan.

5. Berangkat jauh  sebelum jam  masuk

Jika kelas kamu dimulai pukul 08:00 pagi dan jarak rumah/kos kamu ke kampus sekitar satu jam maka, berangkatlah pukul 06:30. Hal ini akan membuat kamu datang lebih awal dan lebih siap menjalani perkulahan.

6. Kerjakan  tugas di siang hari

Usahakan kerjakan tugas di waktu siang hari saat waktu luang. Jangan menunda-nunda pekerjaan yang bisa dikerjakan saat itu. Hal ini akan mengurangi beban  sehingga kamu dapat tidur nyenyak malam harinya

7. Tidur siang yang cukup

Bagi kamu yang susah tidur malam hari dan suka begadang, dengan tidur siang akan membantu kamu mengganti waktu tidur kamu.

Itulah 7 tips agar tidak terlambat kuliah. Dengan bangun pagi, otak akan jauh lebih fresh dan fokus sehingga materi kuliah akan lebih banyak terserap. Bangun pagi juga akan membangkitkan semangat untuk kuliah. Semangatlah menjalani aktivitas kamu dan teruslah berprestasi :)

UI Achievement Community
#Excellent Collaboration

Leave a Reply