Liburan? Harus PRODUKTIF!

myhome

LIBURAN. Siapa yang tidak mengenal kata ini? Kata yang ketika diucapkan berhasil membuat orang langsung bersemangat kembali. Bagaimana tidak, waktu yang di nanti-nanti oleh semua orang untuk dapat mengekspresikan segala kegiatan diluar rutinitas harian yang dibilang cukup melelahkan dan membosankan. Eitss, tapi jangan senang dulu ketika liburan telah tiba. Karena liburan yang tidak diselingi dengan kegiatan yang bermanfaat akan sia-sia saja, oleh karena ini perlu sekali untuk merancang liburan. Bagaimana liburan kalian? Apakah sudah dirancang dengan matang? Atau masih bingung kira-kira apa yang harus dilakukan? Nah kali ini UIAC memberikan beberapa referensi kegiatan yang mungkin bisa membantu mengisi kegiatan liburan kalian.

1. Mengembangkan hobi yang tidak dapat dilakukan ketika dilingkungan kampus

Yup, hobi. Hobi merupakan kegiatan positif yang dapat menurunkan tingkat kejenuhan dan tentunya baik untuk pengembangan diri seseorang. Hal ini cocok banget buat kalian yang punya kesenangan dengan alam atau hal-hal yang jarang ditemui ketika berada dalam lingkungan kerja atau kampus. Hal-hal yang bisa dilakukan seperti berkebun, berkemah, mendaki gunung, travelling, dan masih banyak lagi. Oh ya untuk menambah keseruan liburan, jangan lupa ikut sertakan keluarga dan teman-teman terdekat kalian yaa.

2. Berkunjung ke tempat yang mendukung minatmu

Waah, ini nih. Buat kalian yang gamau liburannya hanya sekedar mencari kesenangan, bisa juga mengunjungi tempat-tempat yang mendukung minat atau kesenanganmu. Untuk kalian yang suka dengan dunia sejarah, coba kunjungi semua tempat bersejarah termasuk museum dan tokoh-tokoh bersejarah yang berada di sekitar wilayah kalian. Atau kalian yang suka dengan dunia kesehatan, dapat mengunjungi pusat pelayanan kesehatan loh… misal ke pelayanan primer yaitu puskesmas. Mungkin kalian dapat berdiskusi dan bertukar pengetahuan seputar kesehatan dengan tenaga kesehatan disana. Waah, keren sekali bukan? Selain menyenangkan tentunya bermanfaat juga ya untuk menambah ilmu pengetahuan.

3. Mengambil SP (Semester Pendek)

Pilihan pengambilan semester pendek merupakan langkah yang tepat buat kalian yang suka banget dengan dunia akademis atau memang sudah memiliki rencana ke depan sehingga memerlukan percepatan kuliah untuk mendukung rencana yang telah kalian persiapkan dengan matang.

4. Magang

Magang juga bisa nih menjadi salah satu kegiatan positif yang kalian pilih. Banyak manfaatnya loh kalau kalian mengambil kegaiatan ini. Selain mendapatkan uang tambahan, kalian juga akan mendapatkan koneksi baru serta menambah pengalaman yang sangat luar biasa.

5. Berwirausaha dengan teman-teman

Nah ini, berwirausaha. Cocok untuk kalian yang benar-benar mau menghasilkan uang ketika liburan bahkan bisa berkelanjutan. Kegiatan ini bisa kalian lakukan dengan keluarga ataupun dengan teman-teman dekat yang memiliki suatu kesenangan yang sama. Misal, kalian sangat menggemari dunia tata boga seperti membuat kue, ini bisa kalian kembangkan dengan menjadikannya suatu bisnis baru dengan membuat suatu usaha pemesanan kue untuk berbagai macam acara. Seru bukan? Kesenangan terpenuhi, dompet pun terisi.

6. Mengikuti kursus

Mengikuti kursus suatu keterampilan baru atau mengambangkan bakat dan keterampilan yang telah dimiliki ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi liburan kalian. Seperti misalnya mengabil kursus bahasa inggris di kampung Pare, atau mengikuti kursus menjahit, kursus memasak, kursus mengemudi, dan lain sebagainya. Keterampilan perlu loh dimiliki oleh setiap orang, karena keterampilan ini selain dapat meningkatkan kesenangan semata, juga dapat meningkatkan kapabilitas diri.

7. Mencari inspirasi untuk skripsi

Skripsi merupakan suatu tugas akhir sebagai salah satu syarat kelulusan sarjana. Sebagian besar orang merasakan kesulitan ketika akan memulai untuk membuat skripsi, terutama dalam penentuan judul. Skripsi ini jangan dianggap remeh karena sering sekali terjadi penggantian judul yang dapat terjadi karena berbagai macam sebab, seperti ketidakcocokan, kesulitan dalam pencarian literatur, atau bahkan karena penolakan dari dosen pembimbing dengan alasan yang tidak masuk akal. Nah, penting untuk kita khususnya mahasiswa tingkat akhir mempersiapkan beberapa judul skripsi mulai dari sekarang. Termasuk studi literatur yang mendukung pengambilan masing-masing judul skripsi yang telah disiapkan.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika liburan. Bagaimana? Apakah membantu? Yuk bergegas persiapkan rencana liburanmu!
Selamat liburan produktif achievers! 😀

UI Achievement Community
#ExcellentCollaboration

Leave a Reply