Ayo, Menulis!

1462625823800

 

 

 

 

 

 

Menulis adalah suatu hal yang sangat disenangi beberapa orang dan menjadi wadah untuk berbagi informasi. Menulis bukanlah suatu hal yang sulit jika kita mencoba untuk memulainya. Disini ada beberapa tips menulis. Simak ya :)

1. Mulailah dengan menulis apa yang sedang dilakukan

Coba menulis apa yang kamu lakukan setiap hari terutama hal yang membuat kamu tertarik untuk menulisnya. Jangan pikirkan penggunaan kata atau bahasa yang sedang dipakai. Hal ini melatih kamu terbiasa menulis dan mendapatkan ide.

2. Saat menulis jangan melakukannya sambil mengedit

Hal ini agar apa yang ingin kita tulis tertuang secara kontinu dan ide yang sudah ada di dalam pikiran kita tidak hilang jika kita melakukannya sambil mengedit.

3. Lakukan pembagian paragraf

Berlatihlah menyusun paragraf dengan baik. Kapan kita harus menyajikan paragraf panjang, kapan kita harus menyajikan paragraf pendek. Hal tersebut juga dapat membuat pembaca nyaman dan kita pun nyaman saat membacanya kembali.

4. Gunakan bahasa yang komunikatif

Jika kita menggunakan bahasa yang komunikatif, pembaca akan merasa berada di kejadian yang kita tulis. Pembaca akan merasa nyaman saat membacanya.

5. Menulislah secara spesifik berdasarkan judul yang telah dibuat

Tulisan yang mengambang dari topik akan membuat pembaca bingung saat membacanya dan membuat pembaca kurang nyaman.

6. Menulislah dengan informasi utama yang jelas

Informasi utama yang jelas, seperti melengkapi dengan keterangan waktu, tempat, dan lainnya yang dianggap perlu akan membuat tulisan kita dapat dipercaya.

7. Tulislah dengan kejujuran

Jika kita jujur, pembaca menjadi tidak bingung denga isi tulisan kita dan membuat tulisan kita menjadi jelas.

Itulah 7 tips menulis. Semangat untuk menjadi penulis karena banyak manfaat yang kita dapatkan dengan menulis. Teruslah asah kemampuan menulis kamu, jangan pernah putus asa untuk terus mencoba :)

UI Achievement Community
#ExcellentCollaboration

Leave a Reply